Wed. Jul 24th, 2019

Biro BMQ (Bimbingan Mempelajari Qur’an) Ukm Al Banna Polinela

Biro BMQ (Bimbingan Mempelajari Qur’an) Ukm Al Banna Polinela | Biro Bimbingan Mempelajari Qur’an(BMQ) Adalah sebuah wadah dibawah naungan Dosen Agama Islam yang bertugas melakukan program pendidikan dan pembinaan Agama Islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang dilaksanakan rutin setiap pekan dan berkelanjutan, dengan didukung  oleh kegiatan pendukung seperti tasqif, jalsah, class tahsin dan mabit.

Pembina sebuah kelompok BMQ disebut Tutor (penasehat), sedangkan peserta BMQ disebut Praktikan. Didalam BMQ disampaikan pemahaman dasar tentang Agama Islam. Diantaranya Muraqabatullah (Mengenal Allah), Mengenal Rasul, Mengenal Al-Qur’an, Mengenal Akhlak, dan Mengenal Dunia Islam. Dalam BMQ terjadi transfer pengetahuan dengan cara pengajaran, diskusi, dan belajar bersama. BMQ Polinela bukanlah organisasi kampus, melainkan bagian dari mata kuliah umum Pendidikan Agama Islam, yang mempunyai bobot 3 SKS yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, baik semester 1 maupun semester 2 yang disesuaikan dengan penerimaan mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi semester 1 dan 2.

VISI MISI

Visi Biro BMQ Polinela :

“Bekerja Sama, Ikhlas, dan Komitmen untuk menjadikan Biro BMQ sebagai Fasilitator dan wadah pembinaan dalam mewujudkan mahasiswa Muslim CIA (Cinta Islam dan Al-Quran)”

Misi Biro BMQ Polinela :

  1. Meningkatkan Iman dan Taqwa serta mempererat ukhuwah antara Team Solid Biro BMQ guna terciptanya kerjasama yang baik antar Team
  2. Optimalisasi peran Biro BMQ sebagai sarana pembinaan, pembelajaran, dan syiar bagi Mahasiswa Muslim Polinela
  3. Optimalasi peran media dan humas dalam memperluas informasi dan jaringan
  4. Mewujudkan sistem pengelolaan administrasi dan inventaris secara provesional
  5. Menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman Islam dan Al-Quran bagi Mahasiswa Muslim Polinela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *